ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK KIMIA FARMA TANMALAKA PADANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK

Retchi Puspita, Fitra Yuda, M. Rasyid

Abstract


Penelitian ini mencoba untuk menerapkan PIECES Framework pada analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan. Untuk menerapkannya di perlukan data sekunder dan data primer, data sekunder Dilakukan dengan mempelajari dan menelaah sumber-sumber lain seperti buku-buku, jurnal, dan tulisan yang berhubungan dengan analisis tingkat kepuasan pelanggan, sistem pelayanan pada apotek Kimia Farma Tanmalaka Padang menggunakan pieces framework dan data primer Data diperoleh langsung dari sumbernya yaitu berupa tanggapan atau pendapat responden mengenai suatu permasalahan yang diajukan dalam penelitian yang berupa kuesioner yang di bagikan ke pelanggan yang datang, PIECES berfokus pada 6 indikator (performance, Information, Economy, Control, Effeciency, dan Service). Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di Apotek Kimia Farma Tan Malaka Padang menurut persepsi dan harapan pelanggan, dan Menguji tingkat kepuasan pelanggan terhadap faktor-faktor pelayanan berdasarkan persepsi dan harapan pelanggan. Hasil dari analisis pieces pada kualitas pelayanan di Apotek Kimia Farma Tan Malaka Padang pada setiap indikator pieces yaitu termasuk dalam kategori “puas” Sehingga hal ini menunjukkan indikasi yang positif yaitu pelanggan atau pengunjung yang datang ke apotek Kimia Farma Tan Malaka Padang sudah merasa puas terdahap layanan yang diberikan.


Full Text:

PDF

References


A. H. Novel, S. V. Kamanda, and K. Kusumayanti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Cfc Batuaji Batam ),” J. Al-Amal, vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2022.

A. D. Wahyuningrum, “Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Apotek 27 Made,” no. 2, pp. 14–35, 2021.

R. G. Soebroto, “analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan apotek kimia farma jakarta menggunakan model servqual (studi kasus pada tiga apotek).,” vol. VI, no. 2, pp. 56–74, 2021.

G. R. Putra, “Penerapan Metode ELECTRE Dalam Penentuan Pemilihan Kartu Smartphone. Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM),” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 14–24, 2022, doi: 10.58602/jima-ilkom.v1i1.4.

A. R. Mada, F., Resmawan, R., & Nuha, “Sistem pendukung keputusan menggunakan metode electre dan metode topsis pada kasus pemilihan bakal calon ketua umum ukm oikumene.,” vol. 07, no. 01, pp. 33–48, 2023.

K. A. Ahdiyenti, A., Ali, H., & Us, “Faktor-faktor yang mempengaruhi berpikir sistematik.,” vol. 2, no. 2, pp. 150–162, 2022.

I. A. S. (2023). Effendy, E., Siregar, E. A., Fitri, P. C., & Damanik, “Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem).,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 1349–1358, 2022.

ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA, “Perancangan Sistem Informasi Penyebaran Lokasi UMKM Di Rantauprapat Dengan Web Gis,” vol. 9, no. Industri 2020, pp. 356–363, 2022.

J. S. Komputer, W. Harry, B. Lumban, S. Aripin, P. T. Informatika, and B. Darma, “Sistem Pendukung Keputusan Rekruitmen Tenaga Kerja Mandiri Menerapkan Metode,” vol. 6, no. September, pp. 1183–1192, 2022.

[M. F. A. (2023). Rikomah, S. E., Yanti, S., & Siregar, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek X Kota Bengkulu,” vol. 2, no. 1, pp. 77–88, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.36723/juri.v16i2.684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

 

 

 

 

View My Stats